Harga Emas Naik Drastis, Jual atau Tahan?

Harga emas naik drastis, jual atau tahan?
Harga emas naik drastis: jual atau tahan? image: kompas.com

Harga komoditi emas di pasaran bisa fluktuatif: naik atau turun dan tidak ada seorang pun yang bisa memprediksinya secara tepat. Hari ini misalnya per gram emas adalah Rp 1.020.000 maka besok atau beberapa jam kemudian bisa merosot ke Rp 1.000.000 per gram atau mungkin tembus Rp 1.120.000 per gram. Kalau ada yang bisa memprediksinya boleh dibilang sungguh hebat dan luar biasa. Meski demikian, dalam beberapa teori bisnis dan perdagangan, harga sebuah komoditi bisa diprediksi atau ditakar pergerakannya. Teorinya begini: semua komoditi dunia ada gudang besar penyimpanannya secara global. Jika gudang ini penuh maka harus cepat-cepat didistribusikan. Ketika gudang itu mulai kosong maka harus segera ditampung kembali agar dunia tidak kekurangan stok. Apapun itu produk komoditinya entah itu emas, nikel, timah, bauksit, perak, aluminium, jagung, beras, gandum, dst. Kurang lebih seperti itu!


Ketika gudang mulai kosong maka akan muncul permintaan global secara aktif dan kontinyu. Ini yang sering kita sebut sebagai hukum permintaan dan penawaran (demand and supply). Salah satu hukum ekonomi yang sangat penting untuk menjelaskan mengapa harga barang bisa tiba-tiba naik atau turun. Kalau anda investor emas pasti tahulah teori ini. Nah, sekarang kembali ke topik kita: harga emas naik drastis. Kalau pas lagi naik-naiknya jika beli tentu riskan dan bisa tekor.


Menurut anda, jika harga emas tiba-tiba naik drastis dalam beberapa hari, apakah kita harus segera menjualnya atau menahannya? Kita tidak bicara kepepet uang atau butuh modal sehingga harus menjual atau menggadaikan emas. Kalau kondisi begini tidak mesti harga naik pun sudah pasti kita jual. Kita bicara real investor emas. Kalau misalnya kita investasi di perhiasan emas, tentu tidak terlalu pengaruh karena perhiasan ada nilai potongnya seperti model, upah designer, dll. Kita bicara investasi emas batangan secara fisik atau emas digital yang banyak ditawarkan di berbagai aplikasi (APK) emas.


Bagaimana menurut anda? Apakah perlu dijual dicairkan jadi uang cash masuk rekening atau tetap ditahan dan berharap harganya naik terus? Monggo berikan teori, pendapat, pengalaman, pemikiran atau jurus anda selama ini di industri investasi emas. Siapa tahu bisa bermanfaat buat rekan-rekan pemula atau peminat bisnis emas. 


No comments:

Post a Comment